"Gan Marketing": Memasarkan di Kaskus

,

Kaskus, siapa sih yang tidak mengenal situs komunitas yang satu ini? saya yakin setiap orang yang pernah menjelajahi dunia maya pastinya sudah mengetahui keberadaan dan eksistensi situs yang satu ini, terutama kita-kita ini, orang Indonesia. Semenjak diluncurkan beberapa tahun silam, tepatnya pada tahun 1999, keberadaan Kaskus sudah menjadi fenomena tersendiri bagi perjalanan situs komunitas di belantika dunia maya, khususnya Indonesia. Banyak sekali hal-hal yang dapat kita temukan di Kaskus, mulai dari info terkini, jual-beli barang, berita populer, dan tentunya juga pemasaran. dalam hal bisnis, cukup banyak orang-orang ataupun perusahaan yang singgah untuk memasarkan produk-produk mereka di situs ini (dengan membuka “lapak” atau pasang iklan) atau hanya sekadar membuka thread agar dapat berinteraksi dengan masyarakat luas mengenai produk mereka.
 
Banyaknya orang ataupun perusahaan yang mencoba untuk memasarkan produk mereka di situs ini bukanlah tanpa sebab. Kaskus merupakan situs komunitas maya yang terbesar di Indonesia dengan jumlah member yang mencapai lebih dari 800 ribu orang dan hingga saat ini diperkirakan sudah mencapai lebih dari 75 juta posting-an yang dikirimkan. Selain itu, sebagaimana yang dilansir oleh situs alexa.com, Kaskus menempati urutan ketujuh situs yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia, dengan jumlah page view yang mencapai 3.500.000 per harinya. Meskipun pada awalnya Kaskus terkenal dengan citra negatifnya sebagai media underground dan situs porno (terutama karena adanya forum BB-17 dan Fight Club yang sekarang sudah dihapus), namun seiring dengan diberlakukannya UU ITE, maka situs ini pun menjadi lebih “halus” dan lebih diterima oleh masyarakat luas. 
Dengan besarnya peluang pasar yang terdapat di Kaskus, maka tak heran apabila Kaskus juga menjadi salah satu media Viral marketing yang paling efektif di Indonesia. Yang membuat viral marketing di Kaskus menjadi unik dan berbeda dengan yang lainnya adalah bahwa para marketer yang hendak berkontribusi di Kaskus, mau tak mau harus menyesuaikan dengan “atmosfer” yang ada di Kaskus. Maka tak heran apabila kita menjumpai orang atau perusahaan yang menawarkan produknya menggunakan bahasa komunikasi ala Kaskus. Kata-kata seperti “barangnya bagus gan”, “recommended seller”, “sundul lagi”, dan lainnya seperti sudah menjadi suatu keharusan apabila ingin membuka atau bergabung di suatu thread. Jarang sekali kita temui cara berkomunikasi yang sifatnya formal dalam forum Kaskus (kecuali memang ada ketentuan dalam forum tersebut) dan inilah yang membuatnya unik.


Thread-thread di Kaskus juga menjadi media Word of Mouth yang terbilang sangat efektif dan efisien, baiknya yang sifatnya negatif ataupun positif. Cukup banyak seller-seller produk yang menjadi “highly recommended” atau malah “not recommended” untuk dibeli produknya akibat dari WoM di forum-forum Kaskus. Saya pribadi pernah menemukan suatu toko yang benar-benar sangat direkomendasikan oleh para pengguna Kaskus pada suatu forum dan pengaruhnya ternyata sangat besar bagi toko tersebut. Banyak orang yang kemudian mengunjungi toko tersebut atas banyaknya rekomendasi dan kemudian terus merekomendasikannya kembali kepada orang-orang lainnya. Sebaliknya, ada juga toko yang terang-terangan dilarang oleh para user forum untuk dikunjungi dan membeli barang di situ. Hasilnya jelas, toko tersebut benar-benar berkurang pelanggannya dan cenderung sepi.


Saya pribadi juga cukup kaget dengan dampak dari WoM yang ada di Kaskus yang ternyata sangatlah signifikan. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan Wom ataupun viral marketing yang ada pada situs jejaring sosial ataupun social media seperti Facebook, atau Twitter. Menurut saya pribadi, Kaskus memang cukup sesuai dengan pribadi kebanyakan orang-orang Indonesia sehingga wajar kalau WoM di Kaskus lebih cepat menyebar daripada situs-situs lainnya di Indonesia yang kebanyakan dimiliki dan dirancang oleh pihak asing. Jadi, bukan tidak mungkin suatu saat nanti Kaskus akan mampu untuk mengalahkan kedigdayaan situs semacam Facebook atau Friendster di Indonesia. Mantap gan!!!



0 komentar to “"Gan Marketing": Memasarkan di Kaskus”

Posting Komentar

 

Marketing Kami Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger