why Naruto so popular!?

,

Siapa sih yang tidak kenal dengan Naruto!? tokoh manga/anime Jepang yang satu ini telah banyak menyita perhatian para penggemarnya di seluruh dunia. Mulai dari anak-anak, remaja, bahkan dewasa pun terbius dengan kehadiran sang Kyubi ini. demam naruto memang sedang melanda dunia saat ini, terutama Indonesia. Dari sinilah mulai banyak yang bertanya-tanya, kenapa sih Naruto bisa sangat populer (khususnya di Indonesia)!? Coba saja Anda masukkan keyword why naruto so popular?! Di Google dan niscaya Anda akan mendapatkan banyak sekali output terkait pertanyaan tersebut. nah, di sini saya akan coba menerangkannya berdasarkan pengetahuan marketing yang saya pahami.

Naruto adalah manga masterpiece dari seorang komikus muda asal Jepang yang bernama Masashi Kishimoto yang pertama kali terbit pada tahun 1997. Inti ceritanya sederhana, berkisah tentang seorang ninja muda bernama Naruto yang tinggal di sebuah desa tersembunyi (hidden village) bernama Konoha dan mempunyai ambisi untuk menjadi Hokage (pimpinan tertinggi di desa tersebut). Seterusnya sudah dapat ditebak, manga/anime Naruto mengkisahkan sepak terjang Naruto dan permasalahan yang dilaluinya dalam menggapai impian tersebut.

Selain menawarkan ide cerita yang sederhana dan mudah dimengerti tersebut, Naruto juga mampu untuk menawarkan fantasi yang berada di luar dunia nyata serta melibatkan emosi para pembaca/penontonnya. Hal ini jua yang membuat Doraemon dan Dragon Ball sangat populer pada masanya dan tampaknya Kishi (panggilan untuk Masashi Kishimoto), benar-benar mampu untuk menuangkan nilai-nilai (value added) ini pada manga hasil gubahannya tersebut. Di samping itu, masih ada lagi faktor-faktor pendukung keberhasilan (dilihat dari aspek marketing) sang Kyubi , yaitu:

1. Word of Mouth (WoM)
Dari mana Anda pertama kali mengetahui Naruto?jika pertanyaan ini diajukan pada kita, Saya yakin sebagian besar dari kita menjawabnya adalah dari teman. Yep, kekuatan dari WoM ini memang sangatlah berperan besar dalam melejitkan popularitas Naruto, selain peranan media (elektronik dan cetak) tentunya. Kita akan cenderung akan lebih tertarik untuk mencoba suatu produk apabila direkomendasikan oleh seseorang, apalagi bila yang merekomendasikannya adalah orang-orang terdekat kita, keluarga atau teman misalnya. Saya sendiri pertama kali mengenal Naruto dari teman SMA yang meminjamkan komiknya pada saya.

2. Community
Tak dapat dipungkiri bahwa pelaku WoM yang saya sebutkan di atas memang kebanyakan berasal dari komunitas penggemar anime, manga, dan hal-hal yang “berbau” Jepang (japanese freak) lainnya. Mereka yang menggemari Naruto, dapat dipastikan juga menyenangi hal-hal kejepang-jepangan lainnya, seperti J-Pop/Rock, Tokusatsu, manga dan anime, atau bahkan J-style (harajuku misalnya). Meskipun komunitas-komunitas ini kebanyakan hanyalah sekadar sekumpulan (informal) orang-orang yang doyan dan mempunyai ketertarikan dengan anime/manga, namun disadari atau tidak pengaruh mereka terhadap popularitas Naruto sangatlah signifikan.


3. Penerbit/Distributor
Naruto diterbitkan dan didistribusikan oleh salah satu perusahaan penerbit manga terlaris dan terkemuka di Jepang, yaitu Shueisha (Shonen Jump), yang telah membesarkan sejumlah manga terkenal seperti Dragon Ball, Rurouni Kenshin (Samurai X),Yuyu Hakusho, Bleach, Inuyasha, dan lainnya. Image dan reputasi dari perusahaan ini juga sedikit banyak telah mempengaruhi larisnya Naruto, baik dalam bentuk manga, anime, ataupun merchandise. Naruto sendiri hadir bersama dengan manga-manga lainnya dalam majalah kumpulan manga yang bernama Shonen Jump yang merupakan majalah paling laris di Jepang.

Selain beberapa faktor tersebut, saya rasa faktor terbesar dari keberhasilan Naruto dalam menyihir para “konsumen”nya adalah chemistry yang menurut saya pribadi, sulit untuk dijelaskan. Kebanyakan orang yang saya tanyakan alasannya mengapa ia menyukai Naruto jawabannya hanyalah “yah, suka aja”, tak tahu kenapa suka”, “keren sih” dan semacamnya. Jawaban yang menurut saya pribadi, sulit untuk masuk logika. Saya sendiri juga heran, mengapa saya yang berusia hampir 21 tahun ini masih tetap menyukai Naruto dan membayangkan diri saya menjadi bagian dari cerita tersebut. Tapi, itulah Naruto, memang benar-benar unpredictable. Dattebayo!!!!!!


0 komentar to “why Naruto so popular!?”

Posting Komentar

 

Marketing Kami Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger