Console war: Playstation 4 vs Xbox 720 vs Wii 2

,



Bagi para gamer sejati, mungkin isu tentang peluncuran Playstation 4 bukanlah menjadi sesuatu hal yang baru lagi, begitu pun dengan Xbox 720 dan Nintendo wii 2. Namun tentang jadwal peluncurannya yang dipercepat, bisa jadi cukup mengejutkan. Yep, Playstation 4 akan diluncurkan lebih awal menjadi tahun 2010 dan mengenai kebenaran beritanya sudah diklarifikasi sendiri oleh VP of Tecnology Sony, Paul Holman. Ada apa gerangan dengan langkah Sony yang terkesan terburu-buru ini? ditambah dengan kondisi perekonomian dunia yang sedang morat-marit saat ini, tampaknya menarik untuk dibahas dari segi marketing.


Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa Sony telah mengalami kekalahan telak dari pesaing utamanya, Microsoft dengan Xbox dan Nintendo dengan Wii-nya pada pasar konsol game di atas 72 bit. Meskipun penjualan konsol game Sony terbilang progresif, namun dilihat dari aspek brand equity, jelas terlihat bahwa Playstation 3 mengalami deklinasi yang jauh dibandingkan dengan pendahulunya, Playstation 2. Dahulu, dengan bangganya Sony mengklaim bahwa mereka sukses di segmen 72 bit dengan mengalahkan Sega Dreamcast dan Nintendo Gamecube, namun saat ini, dapat dibilang sebaliknya.

Ada banyak faktor yang kemudian membuat Playstation 3 kalah dari Nintendo Wii maupun Xbox 360, salah satunya adalah faktor game. Kebanyakan game yang diperuntukkan untuk Wii memang didesain menjadi family gaming alias game yang dapat dimainkan oleh seluruh anggota keluarga. Berbeda dengan game-game Playstation 3 yang kebanyakan diperuntukkan untuk remaja (PG-13) dan penuh dengan kekerasan. Selain itu, dilihat dari faktor distribusi, Microsoft Xbox unggul karena mereka menggunakan DHL sebagai partner yang sudah terkenal keluasan jaringannya.

Mengambil pelajaran dari kekalahan terdahulu, tampaknya pihak Sony tak mau tinggal diam, maka segeralah dibuat penerus Playstation 3, yaitu Playstation 4. Sialnya bagi pihak Sony, ternyata Microsoft juga telah mengantisipasi hal tersebut dengan segera meluncurkan Xbox 720 yang kabarnya juga akan diluncurkan pada tahun yang sama. serupa dengan Microsoft, Nintendo juga sudah mempersiapkan konsol teranyarnya penerus Wii, yaitu Wii 2.

Persaingan di dunia konsol game memang semakin hari semakin “panas”, jika tak pandai-pandai mengatur strategi untuk memperoleh keunggulan kompetitif, bukan tidak mungkin akan ada yang tersingkirkan. Tidak percaya?, coba saja lihat Sega yang hidup segan mati tak mau atau Atari sang pioneer konsol game yang namanya saja sayup-sayup terdengar saat ini. Jadi, siapakah pemenang persaingan di segmen konsol game mendatang? Xbox 720, Wii 2 atau Playstation 4? Atau akan ada pendatahg lainnya? kita lihat saja nanti.

Source Pics: Technabob, Geekologie

0 komentar to “Console war: Playstation 4 vs Xbox 720 vs Wii 2”

Posting Komentar

 

Marketing Kami Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger