Zeebo, sang pioneer console game dunia ketiga

,
     
                                                      
    
Bukan rahasia lagi bahwa konsol seperti Playstation, Xbox, Sega, Nintendo dan lainnya hanya dapat dimiliki oleh para kalangan kelas atas karena selain harganya yang memang cukup mahal, kebutuhan untuk memilikinya pun cenderung dikesampingkan. Meskipun begitu, animo masyarakat khususnya anak muda untuk bermain video game tidaklah surut. Tidak percaya? Tengok saja sekitar kita dan akan ditemukan banyak rental-rental Playstation. Namun, tampaknya konsol game tak lagi akan menjadi barang yang termasuk dalam kategori tersier, alias hanya dimiliki oleh segelintir orang dengan pendapatan berlebih.


Adalah Zeebo yang akan mengubah paradigma kebanyakan masyarakat mengenai konsol game. Zeebo merupakan konsol game besutan dua perusahaan asal Brazil, Tectoy dan Qualcomm yang sudah cukup lama merancangnya agar dapat dimainkan oleh kalangan menengah ke bawah.

Dilihat dari pasar yang akan ditujunya, Zeebo memang mempunyai keunikan tersendiri. Betapa tidak? Zeebo akan dipasarkan khusus pada negara-negara yang masuk dalam kategori sedang berkembang atau negara dunia ketiga seperti Brazil, India, Cina, (Indonesia?!). Keunikan pasar inilah yang kemudian banyak membuat perusahaan-perusahaan produsen game tertarik untuk bekerjasama dan berinvestasi pada Zeebo.

Tercatat produsen-produsen game terkenal seperti Capcom, EA dan EA Sport, Namco, Sega sudah meneken kontrak untuk membuat game-game khusus untuk Zeebo.

Tak sampai di situ saja, Zeebo juga menawarkan teknologi yang cukup canggih dalam spesifikasinya. Mulai dari USB Port, hingga HSDPA 3G untuk terkoneksi dengan dunia maya, dimasukkan ke dalam konsol game ini. Untuk ketersediaan game, bukanlah masalah, game-game populer yang sudah biasa dimainkan dan tersedia untuk konsol ini di antaranya adalah FIFA 2009, Need for Speed Carbon, Prey, Crash Nitro Cart dan masih banyak lagi yang akan dikeluarkan setelah konsol ini diluncurkan secara resmi pada bulan Juli 2009 nanti, menarik bukan?!

Meskipun begitu, belum ada konfirmasi resmi dari pihak Zeebo tentang harga yang akan dibanderol untuk mendapatkan seperangkat lengkap konsol ini. Banyak yang kemudian berspekulasi bahwa harga Zeebo tak akan lebih dari $ 200 atau lebih murah ketimbang Nintendo Wii. Apabila pihak Zeebo mampu untuk menetapkan harga yang klop di hati target pasarnya, ditambah dengan pangsa pasar yang tak terjamah para pesaingnya (negara berkembang), rasa-rasanya peluang Zeebo untuk menjadi pendobrak baru atau bahkan pemimpin di industri konsol game bukanlah sekadar isapan jempol belaka. 

Source Pic: ZeeboInc

0 komentar to “Zeebo, sang pioneer console game dunia ketiga”

Posting Komentar

 

Marketing Kami Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger